Promosi yang efektif harus berimbang antara biaya yang dikeluarkan
dan peningkatan penjualan, atau win-win solution, semua senang.
CLOAP Program Afiliasi menyediakan sarana bagi anda sebagai penjual
(Merchant) untuk memberi kesempatan kepada pihak lain yang aktif didunia
internet (selanjutnya disebut Afiliasi) untuk mempromosikan produknya.
Afiliasi akan memasang link atau banner promosi milik anda, di website,
blog, Facebook ataupun Twitter accountnya sendiri. Setiap pengunjung
yang dibawa oleh Afiliasi ke website anda dan berbelanja, anda akan
membayar komisi kepada Afiliasi sebesar persentase yang anda ditentukan.
Tentunya besaran komisi yang anda janjikan kepada Afiliasi harus
memenuhi ekspektasi dan memberi nilai ekonomis agar Afiliasi tertarik
untuk mempromosikan produk anda.
Keuntungan anda berpromosi melalui CLOAP Program Afiliasi
dibandingkan dengan beriklan secara traditional ialah anda hanya
membayar komisi kepada Afiliasi apabila anda memperoleh hasil yang
diharapkan. Beriklan secara traditional, seperti melalui TV, majalah,
atau iklan banner di internet, dapat memberikan resiko kerugian kepada
anda. Anda mengeluarkan uang untuk beriklan berdasarkan dugaan atas
keefektifannya. Jika sebuah iklan menghasilkan uang lebih dari yang
dikeluarkan untuk biaya iklan tersebut, maka iklan tersebut berhasil.
Sebaliknya anda harus menanggung kerugian bila iklan tersebut gagal
membuahkan hasil.
Sebagai ilustrasi, cara beriklan melalui CLOAP adalah sebagai berikut:
Sebagai penjual sepatu bermerek, anda berkenan memberikan komisi sebesar 20% untuk setiap pasang yang terjual kepada Afiliasi atas jasanya membawa pembeli ke website anda. Misalkan sepatu yang terjual seharga Rp 500.000, maka komisi yang anda bayarkan kepada Afiliasi adalah sebesar Rp 100.000. Apa yang terjadi bila si pembeli tersebut setibanya di website anda tidak jadi membeli? Tentu saja anda tidak harus membayar komisi, atau dengan kata lain anda tidak mengeluarkan biaya iklan.
Sebagai penjual sepatu bermerek, anda berkenan memberikan komisi sebesar 20% untuk setiap pasang yang terjual kepada Afiliasi atas jasanya membawa pembeli ke website anda. Misalkan sepatu yang terjual seharga Rp 500.000, maka komisi yang anda bayarkan kepada Afiliasi adalah sebesar Rp 100.000. Apa yang terjadi bila si pembeli tersebut setibanya di website anda tidak jadi membeli? Tentu saja anda tidak harus membayar komisi, atau dengan kata lain anda tidak mengeluarkan biaya iklan.
Ilustrasi diatas dikenal dengan metoda promosi Pay-per-sales (PPS).
Tergantung dari kebutuhan dan tujuan promosi anda, CLOAP Afiliasi
Program juga menyediakan metoda promosi lain seperti Pay-per-Click (PPC)
dan PPM (Pay-per-mille). Anda dapat menggunakan metoda PPC bila
penjualan bukanlah menjadi tujuan akhir promosi anda, atau anda ingin
menggunakan kemampuan menjual website anda sendiri kepada pengunjung
(visitor). Dengan PPC, tugas Afiliasi hanya membawa pengunjung ke
website anda. Anda membayar komisi untuk setiap pengunjung yang mengklik
link atau banner promosi anda yang dipasang oleh Afiliasi pada web atau
blognya. Ada pula PPM, dimana anda hanya membayar komisi atas tayangan
impresi link atau banner promosi anda yang ditayangkan Afiliasi yang
komisinya dihitung berdasarkan perseribu tayangan impresi. Sesuai dengan
beban tugasnya, komisi PPC lebih kecil dari PPS, dan PPM adalah yang
termurah. Ketiga metoda promosi yang disebutkan mempunyai karakter dan
fungsi yang berbeda, namun anda tidak harus selalu memilih salah satu
diantaranya, anda dapat saja menggunakan ketiganya sekaligus untuk
memperoleh hasil yang lebih maksimal.
Bila anda berpromosi melalui CLOAP Afiliasi Program, anda dapat
mengatur budget promosi anda sendiri, dan pada waktu yang anda
kehendaki. Misalkan untuk satu bulan ini anda menganggarkan X rupiah
untuk promosi dan pelaksanaannya pada hari hari tertentu, anda dapat
mengaturnya sendiri karena andalah yang paling mengerti produk anda.
CLOAP Afiliasi Program juga menyediakan laporan statistik promosi anda
dengan jelas dan ringkas, sehingga anda dengan mudah dapat berekperimen
dengan promosi anda, apakah perlu ditambah atau harus dikurangi untuk
mencapai target penjualan yang anda kehendaki.
0 comments:
Post a Comment