Buku Ekonometrika Deret Waktu

Komentar atas buku ini :
Penulis buku ini memaparkan dengan baik dan padat dasar teori dari setiap metode, diikuti oleh ilustrasi penerapannya menggunakan software yang relatif mudah digunakan. Cara penyajian seperti ini membuat buku ini lebih mudah dipahami dan bermanfaat bagi mahasiswa S-1 dan S-2, serta praktisi yang menggunakan data time series maupun panel di dalam penelitiannya.
Prof. Hermanto Siregar, Ph.D
Guru Be
sar Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor

Memasuki dekade kedua abad 21, ketersediaan buku ekonometrika bermutu karya penulis Indonesia masih sangat kurang, apalagi dengan pendekatan terkini (modern) dalam pemodelan ekonometrika deret waktu. Tampaknya, Bambang Juanda dan Junaidi telah berhasil memuaskan sebagian dahaga itu. Tanpa ragu saya mengatakan bahwa buku ini seyogianya menjadi bacaan wajib bagi para mahasiswa bidang ekonomi tingkat sarjana maupun pascasarjana, karena cara penyajian berbagai teori, model, dan teknik yang apik dan sistematis, serta relevansi aplikasinya yang bahkan goes far beyond ekonometrika.
Prof. Robert A. Simanjuntak, Ph.D
Guru Besar Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia


“Saya kagum dengan penulis buku ini yang mampu melahirkan buku teks ekonometrika di tengah keterbatasan buku teks yang ada, terutama dalam Bahasa Indonesia. Saya akan minta mahasiswa saya di S-1 dan S-2 ilmu ekonomi serta teman-teman dosen yang mengajar ekonometrika untuk segera membaca buku ini”.
Prof. Dr. Eddy Suratman
Guru Besar Fakultas Ekonomi, Universitas Tanjungpura


“Kualitas dari sebuah buku tergantung dari beberapa faktor penting: kualifikasi penulis, substansi isi buku, dan cara penyampaiannya. Buku ini mempunyai keunggulan di ketiga bidang itu. Prof. DR. Bambang Juanda adalah seorang pakar yang mumpuni di bidang statistika/ ekonometrika. Topik buku ini sangat relevan bagi para peneliti/akademisi/mahasiswa/praktisi bisnis pada umumnya dan di bidang ekonomi pada khususnya. Penyampaiannya disertai ilustrasi piranti lunak eViews yang akan sangat membantu pembaca untuk menguasai topik yang dipaparkan”.
Prof. Roy Sembel, Ph.D
Dosen, Peneliti, Praktisi Bisnis, Direktur Jakarta Futures Exchange


“Selama ini, ekonometrika dikenal sebagai ilmuyang mampu menerjemahkan permasalahan ekonomi dengan pendekatan statistik. Sayangnya, beberapa mahasiswa malah sering merasa “down” untuk mempelajari secara mendalam. Angka-angka dan rumus-rumus matematika dan statistik selalu memenuhi lembaran-lembaran buku ekonometrika; hal itulah yang terkadang menjadi hambatan bagi mahasiswa untuk mempelajari lebih mendalam ilmu ini. Buku ini telah mampu menggeser pandangan tersebut. Penjabaran dan contoh-contoh permasalahan ekonomi yang konkrit serta pemodelan ekonomi yang sederhana, membawa mahasiswa dan pembaca ke arah “kemudahan”. Melalui buku ini pula, diharapkan kajian maupun penelitian sosial dan ekonomi tentunya akan semakin bertambah kualitasnya”.
Prof. Candra Fajri Ananda, Ph.D
Ketua Program Doktor Ilmu ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya


Penulis : Prof. Dr. Ir. Bambang Juanda, M.S. dan Junaidi, SE. M.Si.
ISBN : 978-979-493-365-7
Penerbit : IPB Press
Harga : Rp. 55.000,-
Berat : 350 gram
Jumlah hlm : 245 hal

Stok buku terbatas tersedia di gramedia Jabodetabek dan Gudang Buku IPB

0 comments:

Post a Comment

 

COINPOT

COINPOT